Restrukturisasi Organisasi

03/08/2018 10:44:29

Menata kembali organisasi merupakan satu pekerjaan rumah yang perlu menjadi catatan manajemen bilamana organisasi telah menempuh perjalanan bisnis yang cukup panjang. Mengapa demikian? Selayaknya manusia, yang pada usia-usia tertentu akan menata kembali perjalanan hidupnya, maka organisasi, perlu mengkaji kembali kesesuaian strategi dan strukturnya guna mencapai visi dan misi di tengah perubahan lingkungan bisnis yang dinamis.

Penataan organisasi adalah upaya manajemen melakukan perubahan pada portofolio bisnis, struktur, proses kerja dan pekerjaan untuk mencapai hasil kerja yang lebih baik dan menguntungkan. Penataan organisasi yang efektif akan membantu manajemen dan segenap karyawan untuk memusatkan perhatian dan energinya terhadap hal-hal yang dapat meningkatkan kinerja organisasi secara signifikan.

Meskipun demikian, penataan organisasi bukanlah suatu hal yang mudah. Salah satu faktor penting dalam menata organisasi adalah memperoleh dukungan dan komitmen dari jajaran manajemen dan karyawan. Perubahan organisasi yang kurang cermat berpotensi menyulitkan manajemen dalam mengendalikan reaksi karyawan yang berdampak pada terganggunya produktivitas.

Terdapat sejumlah hal prinsip untuk mencapai keberhasilan penataan organisasi:

  1. Kecermatan mengidentifikasi kebutuhan transformasi bisnis dalam mencapai visinya sejalan dengan perubahan saat ini dan yang akan datang.
  2. Penetapan perubahan struktur organisasi yang sejalan dengan portofolio bisnis yang diyakini akan menciptakan keunggulan kompetitif organisasi di masa mendatang.
  3. Mempersiapkan dokumen yang sejalan dengan organisasi baru diantaranya proses bisnis, standard operating procedure, deskripsi pekerjaan, indikator kinerja dan persyaratan kompetensi karyawan pada posisi-posisi baru.
  4. Strategi sosialisasi perubahan dengan mengantisipasi reaksi karyawan. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan manajemen untuk memperoleh komitmen dan dukungan karyawan adalah menunjukkan bahwa penataan organisasi yang dilakukan memberikan manfaat bagi seluruh karyawan.
Tags : SDM, Management


Artikel Sebelumnya


Komentar




Ada satu hal yang tetap lebih penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan melebihi metode-metode cemerlang, yakni kemauan keras untuk menemukan kebenaran, apapun itu

EVENTS


ARTICLE'S TAGS

Inovasi Partnership Assessment Training SDM Leadership Management