Manajemen Karir

03/08/2018 09:43:52

Talent Management tidak semata hanya untuk kesuksesan organisasi dalam menjalankan bisnisnya, namun juga untuk meningkatkan kepuasan dan kecintaan karyawan terhadap pekerjaan mereka. Memotivasi dan mempertahankan karyawan yang potensial (Talent), merupakan salah satu keharusan agar organisasi dapat mempertahankan dan meningkatkan keunggulan bisnisnya.

Sistem Manajemen Karir merupakan sistem yang memfasilitasi organisasi untuk memastikan pergerakan para Talent dalam organisasi melalui jabatan yang tersedia untuk memenuhi kepentingan organisasi maupun harapan individu.

Ada dua elemen penting yang harus ada dalam suatu Sistem Manajemen Karir yaitu:

1. Jalur Karir (Career Path), merupakan peta jalur pergerakan karir dari satu jabatan ke jabatan berikutnya. Model jalur karir pada umumnya terdiri dari Single Ladder dan Dual Ladder, model mana yang terbaik untuk digunakan tentunya kembali pada kebutuhan dan kondisi organisasi.
2. Mekanisme Pengembangan Karir (Career Development), merupakan tata cara kenaikan karir meliputi identifikasi persyaratan kenaikan karir, pengukuran keberhasilan dan strategi pengembangan karir.

Dengan adanya Sistem Manajemen Karir, karyawan dapat mengetahui prospek karir mereka dalam organisasi serta persyaratan yang harus dipenuhi untuk mencapainya. Kejelasan prospek karir ini akan meningkatkan kesediaan talent untuk bertahan sebagai bagian dari organisasi serta mendorong mereka meningkatkan kontribusi dan mengembangkan kemampuan untuk mencapai jenjang karir yang lebih menantang. Bagi organisasi, selain untuk mempertahankan Talent, keberadaan Sistem Manajemen Karir meningkatkan efisiensi melalui rendahnya risiko turn over karyawan serta membantu organisasi merencanakan suksesi posisi di tiap level managerial secara berkesinambungan. (BIAJ).
Tags : SDM, Assessment, Management, Training

Artikel Selanjutnya : Pengelolaan Kinerja

Artikel Sebelumnya


Komentar




Realitas selalu lebih konservatif daripada ideologi.

EVENTS


ARTICLE'S TAGS

Partnership Inovasi Assessment Training SDM Leadership Management