MENGENAL PERAN ADMINISTRATOR DALAM ASSESSMENT CENTER

16/06/2017 14:52:46

Metode Assessment Center sebagai metode yang memiliki validitas yang tinggi dalam mengidentifikasi kompetensi karyawan, dalam implementasinya tentunya perlu terstandar sesuai Pedoman dan Etika Pelaksanaan Assessment Center Indonesia. Dengan metode assessment Center sebagai metode yang sistematis, komprehensif dan objektif dalam mengidentifikasi kompetensi karyawan perusahaan memiliki data karyawan yang berkualitas unggul (talent), yang dapat mendukung perkembangan dan tantangan organisasi/perusahaan yang semakin pesat kedepan. Pelanggaran terhadap Etika Pelaksanaan Assessment Center Indonesia, akan mempengaruhi objektivitas hasil assessment, dan berujung pada kekeliruan dalam mengidentifikasi talent yang dapat mendukung peningkatan daya saing perusahaan untuk menghadapi kompetisi global. Kehadiran dan keterlibatan Administrator Assessment Center (Administrator AC) memegang peranan sangat penting dalam terlaksananya Assessment Center sebagaimana mestinya.
Administrator adalah pemimpin di bidang pelaksana peraturan, prosedur dan kebijakan. Dengan kata lain, Administrator adalah seseorang yang mengarahkan proses suatu pekerjaan berjalan sesuai peraturan, prosedur maupun kebijakan yang ditetapkan. Keberadaaan Administrator juga merupakan elemen penting yang harus ada dalam metode Assessment Center. Administrator adalah seorang yang akan menjaga ketertiban jalannya standar Pedoman dan Etika Pelaksanaan Assessment Center Indonesia, sehingga objektivitas implementasi metode ini tetap terjaga.
Dalam menjalankan tugasnya, seorang Administrator tentunya harus memiliki pengetahuan dan keterampilan mengenai Assessment Center, serta attitude yang dipersyaratkan, agar dapat menjalankan tugas serta tanggung jawabnya secara professional. Attitude yang dipersyaratkan yaitu terkait dengan kejujuran, ketegasan dan komitmen sebagai seorang Administrator dalam menjalankan Pedoman dan Etika Pelaksanaan Assessment Center.
Administrator memiliki tuntutan tugas dan tanggungjawab yang besar terhadap kelancaran kegiatan Assessment Center secara utuh, mulai dari persiapan hingga pelaporan hasil assessment. Untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Administrator AC, disamping memerlukan pengalaman yang baik sebagai assessor, seorang calon Administrator AC juga perlu mengikuti program pelatihan yang dirancang secara sistematis dan spesifik untuk mempersiapkan Adminstrator AC.
Dengan adanya Administrator AC yang professional, maka implementasi Assessment Center dapat dilakukan secara bermartabat dan berintegritas sesuai Pedoman dan Etika Pelaksanaan Assessment Center Indonesia sehingga validitas selalu terjaga. (Mir)

Tags : Assessment


Artikel Sebelumnya


Komentar




The ultimate measure of a man is not where he stands in moments of comfort, but where he stands at times of challenge and controversy.

EVENTS


ARTICLE'S TAGS

Inovasi Partnership Training SDM Assessment Leadership Management