Persiapan Masa Pensiun

07/12/2016 11:10:47

Pensiun adalah akhir dari perjalanan karir seseorang dalam suatu pekerjaan. Pensiun berarti berhentinya aktivitas pekerjaan (purna bhakti), hilangnya jabatan, peran dan status, serta berkurangnya penghasilan. Bagi sebagian orang, pensiun adalah hal yang biasa, namun sebagian besar orang memandang pensiun sebagai persoalan serius. Tanpa aktivitas yang jelas, seseorang dapat kehilangan orientasi, apalagi ditambah dengan hilangnya jabatan, peran dan berkurangnya penghasilan. Sesungguhnya setiap orang mengetahui kapan masa pensiunnya tiba, karena dengan jelas telah diatur bahwa seorang pegawai akan memasuki masa pensiun bila telah mencapai usia tertentu. Oleh karena itu, setiap pegawai dapat menyusun perencanaan pensiun jauh sebelum waktunya tiba. Namun sayangnya tidak banyak orang melakukannya.

Masa Pensiun Bisa Menjadi Masa Yang Kritis
Menghadapi masa pensiun seringkali menjadi masa kritis terutama bagi orang yang tidak menyukai perubahan, khususnya perubahan yang dianggap menuju kondisi yang menurun seperti pensiun, oleh karena itu tidak semua orang bisa memasuki masa pensiun dengan mulus. Sebagian orang dapat melakukan penyesuaian diri dengan mudah, namun tidak sedikit orang yang mengalami masalah serius (masa kritis) dalam menyesuaikan diri dengan kehidupan pensiun.
Dunia kerja adalah dunia yang serba formal, dimana semua aktivitas diatur sehingga pegawai melakukan tanggung jawabnya sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Berbeda dengan kehidupan pensiun, seseorang yang telah memasuki masa pensiun lebih banyak melakukan aktivitas non formal. Semua aktivitas sepenuhnya diatur oleh dirinya sendiri.
Menghadapi perubahan situasi demikian, tidak semua orang dapat melaluinya dengan mudah. Perubahan aktivitas memerlukan proses dan waktu penyesuaian. Oleh karena itu, masa pensiun perlu disikapi dengan bijak dengan persiapan yang matang, agar semua masalah yang mungkin muncul dapat diatasi dengan baik.

Beberapa Hal Yang Perlu Dilakukan Dalam Menghadapi Masa Pensiun
Dalam menghadapi masa pensiun diperlukan sikap dan perilaku positif. Seseorang harus berupaya beradaptasi dengan lingkungan barunya dan menyikapinya dengan pikiran jernih serta tenang. Salah satu sikap positif adalah dengan melakukan persiapan dengan baik. Beberapa persiapan yang perlu dilakukan antara lain:

a. Finansial
Persiapan financial dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti membuka tabungan, mengikuti program asuransi atau investasi agar hasilnya dapat dinikmati di masa pensiun. Selain persiapan finansial, dituntut juga untuk mampu mengendalikan pengeluaran, dengan cara menyesuaikan standar kehidupan dan mengurangi kebiasaan-kebiasaan konsumtif.

b. Fisik
Perlu diingat bahwa kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam mendukung kebahagiaan di masa pensiun. Tanpa upaya untuk menjaganya, kita akan mengalami penurunan kesehatan secara drastis atau bahkan jatuh sakit. Oleh karena itu lakukanlah upaya untuk memelihara fisik agar tetap sehat, seperti olahraga ringan secara rutin, makan makanan sehat, dan jauhkanlah pikiran-pikiran negatif yang dapat menurunkan kondisi kesehatan.

c. Mental
Memasuki masa pensiun seringkali orang mengalami gejala post power syndrome. Oleh karena itu perlu disadari bahwa pensiun adalah bagian dari risiko yang harus ditanggung oleh seseorang yang berprofesi sebagai pegawai. Kehilangan peran di tempat kerja bukanlah kehilangan segala-galanya, dalam masa pensiun seseorang masih bisa berperan di lingkungan tempat tinggalnya, di komunitas atau di lingkungan lainnya, misalnya dengan melibatkan diri dalam kegiatan sosial, kegiatan rohani, atau kegiatan kemasyarakatan lainnya yang positif.

d. Keluarga
Pensiun bukan hanya berdampak pada penurunan penghasilan, tetapi juga hilangnya fasilitas yang diterima selama masa aktif bekerja. Dampak perubahan ini juga dirasakan oleh keluarganya. Oleh karena itu, keluarga perlu diberikan pemahaman tentang kondisi setelah memasuki masa pensiun, khususnya yang berkaitan dengan pengurangan penghasilan dan fasilitas. Selanjutnya secara bertahap keluarga perlu menyesuaikan sikap dan gaya hidup jauh hari sebelum masa pensiun tiba, agar pada waktunya keluarga benar-benar siap.
Dengan melakukan hal-hal seperti diuraikan di atas, diharapkan kita dapat menjalani masa pensiun dengan penuh kesiapan. (Sgn)



Tags : SDM, Management

Artikel Selanjutnya : Sharing Session Assessment Center

Artikel Sebelumnya


Komentar




Orang yang sukses dalam hidup adalah orang yang melihat tujuannya dengan jelas dan menjurus kearahnya tanpa menyimpang.

EVENTS


ARTICLE'S TAGS

Inovasi Partnership Training SDM Assessment Leadership Management