Strategi Kepemimpinan Ala "Jack Welch"

30/08/2011 11:04:25

Tak diragukan lagi bahwa Jack Welch adalah CEO paling sering dipuji di seluruh dunia. Majalah-majalan terkemuka dunia, seperti Times, Fortune, dan Business Week semuanya melancarkan banyak sekali pujian kepadanya. Welch telah menjadikan General Electric (GE) sebagai perusahaan paling sukses di akhir abad dua puluh dengan mengembangkan dan kemudian menerapkan serangkaian strategi bisnisnya.


Mengukur Kecerdasan Kepemimpinan Anda

"Komandan" memberi perintah dan "sersan" serta "prajurit" menjalankan perintah. Pada kenyataannya, sistem komunikasi seperti itulah yang dijadikan model bagi komunitas bisnis Amerika selama tahun lima puluhan, enam puluhan dan tujuh puluhan. Di mata Jack Welch, 'Semakin sedikit orang yang mengatur, semakin baiklah perusahaan'. Kebanyakan manajer, menurutnya terlalu banyak mengatur, hal ini dinilainya justru sering mendorong terciptanya kelambanan dan kemacetan birokrasi yang seharusnya dihindari perusahaan-perusahaan besar. Sebagai contoh, bagi Jack Welch, para manajer menengah harus bertindak sebagai anggota tim dan pelatih, harus mampu menjadi pemicu energi, mengembangkan semangat orang-orang. Tugas mereka adalah memfasilitasi, bukan mengontrol.


Memanfaatkan Otak Semua Pegawai Anda

Bagi Welch, semuanya sangat jelas, cara mempercepat proses bisnis --salah satu tujuan pentingnya-- adalah membebaskan energi, kepintaran, dan kepercayaan diri para pekerjanya, melonggarkan mereka, membuang beban lapisan manajemen dari pundak mereka, menghilangkan semua halangan birokratis. Untuk itu, Jack Welch --menyusun program WORK-OUT. Melalui program ini, pegawai tidak hanya mengerjakan instruksi yang diterima, melainkan menggunakan common sense mereka secara kreatif untuk mencari cara bagaimana meningkatkan operasi perusahaan.


Orang-orang Anda adalah Aset Terbaik Anda; Berilah Orang-orang terbaik Anda Penghargaan

"Memberikan penghargaan kepada para pegawai Anda --tentang itulah semuanya. Hal terpenting yang saya lakukan sebagai seorang pemimpin adalah menyelaraskan jenis penghargaan yang saya berikan dengan jenis perilaku yang saya harapkan inginkan." (Jack Welch).


(Sumber Buku : Strategi Jack Welch untuk Revolusi Perusahaan;Robert Slater)




Bina Potensia Indonesia

Tags : Leadership

Artikel Selanjutnya : Sudahkah Anda Membangun Visi SDM Di Perusahaan Anda ?

Artikel Sebelumnya


Komentar




Anda tidak belajar tentang diri anda melalui kesuksesan. Anda belajar melalui kegagalan dan kesalahan.

EVENTS


ARTICLE'S TAGS

Inovasi Partnership Training SDM Assessment Leadership Management