Talent Management & Value Creation

26/04/2013 22:56:10

Menjelang millenium ketiga, Talent Management mulai berkembang menjadi satu konsep yang populer di tengah para pelaku bisnis yang semakin menyadari pentingnya mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai knowledge worker di tengah persaingan bisnis global yang dinamis. Di Indonesia, berkembangnya Talent Management ditunjukkan dengan meningkatnya kebutuhan pengelolaan SDM secara terintegrasi meliputi Kamus Kompetensi, Assessment Center untuk pengukuran SDM, Learning & Development Strategy, 360 Degree Assessment, penataan Sistem Karir dan seterusnya.

Harapannya adalah keberhasilan pengelolaan SDM dapat memberikan kontribusi strategis bagi pengembangan perusahaan. Pertanyaannya adalah : Apakah Talent Management Strategy dapat membantu mewujudkan tujuan strategis perusahaan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Robert S. Kaplan & David P. Norton, dalam bukunya bertajuk Strategy Maps : Converting Intangible Assets into Tangible Outcomes (2004), menyatakan bahwa faktor inovasi dan kinerja unggul (high performance) menjadi kunci dalam menciptakan nilai bagi pelanggan. Sejumlah faktor penting di dalamnya adalah : teknologi & inovasi, kekayaan intelektual, aliansi, kapabilitas manajemen, hubungan pegawai, hubungan pelanggan, hubungan komunitas serta image (brand) produk/layanan. Hal yang sangat penting bagi perusahaan adalah memahami kebutuhan penciptaan nilai (Value Creation) dalam setiap produk/layanannya agar tetap menjadi unggul. Di sinilah letaknya peran penting Talent Management, terutama untuk memastikan tersedianya SDM yang mampu mendukung kebutuhan perusahaan dalam melakukan Value Creation tersebut. Melalui Talent Management, perusahaan memiliki peta yang spesifik mengenai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki "pasukannya" dan dapat melakukan tindakan yang tepat sasaran dalam mempertahankan personil yang duduk pada posisi-posisi penting (key position) di perusahaan. Talent Management pun dapat memberikan informasi kepada perusahaan mengenai tindakan serta program yang harus dijalankan dalam rangka menghasilkan SDM yang mumpuni untuk melakukan Value Creation bagi perusahaan.

Hal penting yang harus dicermati adalah, bahwa untuk menciptakan strategi agar Talent Management dapat diterapkan secara optimal dalam rangka membantu perusahaan mewujudkan tujuan strategisnya, strategi tersebut perlu dipilah menjadi dua prinsip utama yaitu pengelolaan SDM yang terintegrasi dan mampu menjawab tuntutan untuk melakukan Value Creation.



Bina Potensia Indonesia

Tags : Leadership

Artikel Selanjutnya : Human Capital

Artikel Sebelumnya


Komentar




Realitas selalu lebih konservatif daripada ideologi.

EVENTS


ARTICLE'S TAGS

Partnership Inovasi Training SDM Assessment Leadership Management