Karakteristik Kepemimpinan

18/10/2013 21:01:13

Roger E. Herman (1999) menyatakan bahwa untuk mencapai sukses, setiap organisasi harus memiliki 3 elemen penting. Pertama, adanya kepemimpinan yang baik pada setiap tingkatan organisasi, kedua adanya manajemen yang baik dan yang ketiga adanya tim yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan kecerdasan (kapabilitas) untuk bekerja dengan tingkat produktivitas yang cukup untuk mewujudkan misi organisasi.


Kepemimpinan menduduki urutan yang paling atas, yang berarti kepemimpinan memegang peran yang sangat penting. Untuk mencapai sukses, suatu organisasi tidak hanya sekedar memerlukan pemimpin, tetapi yang diperlukan adalah pemimpin yang memiliki kepemimpinan (leadership) yang baik. Pemimpin yang memiliki visi (visioner) dan mampu mewujudkan visi tersebut melalui pengelolaan sumber daya yang ada di dalam organisasinya. Banyak sumber daya yang harus dikelola oleh seorang pemimpin, dan dari sekian banyak sumber daya, yang paling penting adalah sumber daya manusia.


Seorang pemimpin yang sukses dituntut untuk mampu mengelola sumber daya manusia secara optimal dengan cara menjadikan setiap anggota organisasi memiliki kemauan untuk bekerja sesuai dengan tugasnya dan kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik guna mewujudkan sasaran organisasinya.


Apa ciri-ciri atau karakteristik pemimpin yang sukses?

Stephen R. Covey dalam bukunya Principle Centered Leadership mengidentifikasi 8 karakteristik orang-orang yang dapat menjadi pemimpin yang sukses, yang secara ringkas seperti uraian berikut:


1. They are Continually Learning

Seorang pemimpin yang baik, memiliki karakteristik terus menerus belajar. Dia membaca, mengikuti pelatihan-pelatihan, dan mendengarkan orang lain. Dia belajar melalui mendengar dan melihat. Dia memiliki perasaan ingin tahu dan selalu bertanya. Dia terus menerus meningkatkan kompetensi dan kemampuannya untuk melaksanakan pekerjaan, dan dia selalu berusahan mengembangkan keterampilan baru. Kemauan untuk belajar dan berkembang adalah merupakan inisiatif sendiri dan dipenuhinya sendiri tanpa menunggu bantuan orang lain.


2. They are Service Oriented

Seorang pemimpin yang baik, memiliki karakteristik berorientasi pada pelayanan. Dia memandang hidup adalah untuk menjalankan misi bukan sebagai suatu karir. Dia mempersiapkan sumber daya untuk melayani orang lain. Setiap pagi apa yang ada dalam pikirannya adalah melayani orang lain.


3. They Radiate Positive Energy

Seorang pemimpin yang baik, memiliki karakteristik selalu memancarkan energi positif. Dia selalu ceria dan menunjukkan rasa bahagia. Sikapnya selalu positif, optimis dan selalu antusias serta memiliki sikap dan sifat positif lainnya yang dapat mempengaruhi lingkungan sekitarnya, sehingga semua orang yang ada disekitarnya terpengaruh dan memiliki sikap dan sifat yang sama.


4. They Believe in Other People

Seorang pemimpin yang baik, memiliki karakteristik percaya kepada orang lain. Dia tidak bereaksi berlebihan terhadap perilaku negatif orang lain, terhadap kritik yang disampaikan kepadanya dan terhadap kelemahan orang lain. Dia bisa memahami kelemahan orang lain. Dia menyadari bahwa setiap orang memiliki potensi yang belum terlihat. Dia tidak mau memberikan label negatif pada seseorang dan dia tidak mau menghakimi seseorang tanpa adanya fakta yang mendukung.


5. They Lead Balance Live

Seorang pemimpin yang baik, memiliki karakteristik mementingkan keseimbangan dalam kehidupan Dia membaca bacaan yang terbaik dan selalu mengikuti perkembangan. Dia aktif dalam kegiatan kemasyarakatan dan mempunyai banyak teman. Dia memiliki banyak minat. Dia membaca, melakukan observasi dan belajar. Ia memiliki rasa humor tetapi bukan untuk menertawakan orang lain.


6. They See Live as an Adventure

Seorang pemimpin yang baik, memiliki karakteristik memandang kehidupan sebagai suatu petualangan. Dia menikmati kehidupannya. Dia memiliki keberanian untuk terus melakukan eksplorasi. Dia tidak tahu pasti apa yang akan terjadi, tetapi ia yakin bahwa kejadian apapun akan menyenangkan dan akan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan dirinya.


7. They are Synergistic

Seorang pemimpin yang baik, memiliki karakteristik sinergis. Dia menjadi katalisator perubahan. Dia menjadi lebih baik dalam setiap situasi yang ia alami, dan dia bekerja cerdas dan bekerja keras. Dia sangat produktif dan selalu kreatif untuk menemukan cara-cara baru.


8. They Exercises for Renewal

Seorang pemimpin yang baik, memiliki karakteristik selalu berlatih untuk penyegaran. Dia selalu berlatih secara teratur baik fisik, mental, emotional dan spiritual. Dia berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seperti aerobic, senam jantung, dan aktivitas lainnya, untuk meningkatkan kapasitas fisiknya. Dia melatih otaknya melalui membaca, pemecahan masalah yang kreatif, dan menulis. Dia melatih emosinya untuk lebih stabil, dia mendengar orang lain dengan empati untuk menunjukkan kasih sayang. Secara spiritual dia berdoa, mempelajari kitab suci, meditasi dan menunaikan kewajiban-kewajiban agamanya.


Sudahkah kita memiliki karakteristik seperti tersebut diatas? (SG).-

Tags : Leadership, Management

Artikel Selanjutnya : Empowerment

Artikel Sebelumnya


Komentar




Anda tidak belajar tentang diri anda melalui kesuksesan. Anda belajar melalui kegagalan dan kesalahan.

EVENTS


ARTICLE'S TAGS

Inovasi Partnership Training SDM Assessment Leadership Management