Empowered Person

13/02/2014 22:18:14

Dalam manajemen sumber daya manusia, empowerment merupakan hal yang penting dalam kaitannya dengan upaya peningkatan kinerja organisasi. Empowerment adalah sebuah proses yang perlu dilakukan oleh setiap organisasi agar tenaga kerja mampu bekerja secara mandiri dan memiliki kinerja unggul. Hasil dari proses empowerment adalah Empowered Person.


Siapakah yang berkepentingan dengan empowerment?


Empowerment biasanya dilakukan oleh atasan terhadap bawahan, oleh karena itu para Manajer atau siapapun yang karena posisinya mengharuskan melibatkan anak buah, adalah pihak-pihak yang sangat berkepentingan dengan empowerment.


Ada beberapa cara yang biasa digunakan untuk meng-empower tenaga kerja antara lain:

  • Suggestion Involvement, yaitu mendorong pegawai untuk menyumbangkan pemikiran-pemikirannya melalui program sumbang saran secara formal.
  • Job Involvement, yaitu merancang ulang pekerjaan agar dapat melibatkan pegawai untuk menggunakan keterampilan yang lebih bervariasi dalam menyelesaikan pekerjaannya.
  • High Involvement, yaitu melibatkan pegawai level yang lebih rendah.

Dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan, upaya empowerment pasti sudah banyak dilakukan oleh para pimpinan. Namun berdasarkan pengamatan, pengukuran efektivitas program empowerment masih jarang dilakukan, sehingga sejauh mana upaya tersebut telah menghasilkan Empowered Person belum dapat diketahui.


Karakteristik Empowered Person

Untuk dapat melakukan pengukuran keberhasilan upaya empowerment, disamping diperlukan tools atau alat ukur, terlebih dahulu perlu diketahui karakteristik atau ciri-ciri Empowered Person. David Clutterbuck dalam bukunya The Power of Empowerment menyebutkan ciri-ciri Empowered Person, diantaranya adalah:


1. Mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan tanggung jawab.

Keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan tanggung jawab antara lain:

Membangun kepercayaan (trust) terhadap teman kerja, dan membantu teman kerja untuk mengembangkan kepercayaan. Trust adalah elemen penting apakah seorang Manajer dapat mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain.

Memahami kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses).

Memahami pekerjaannya dalam konteks bisnis, bukan hanya bagian dari bisnis.

Membangun kepercayaan dan citra yang berkaitan dengan tanggung jawab pekerjaan.

Empowered Person senantiasa mengembangkan keterampilan tersebut di atas sehingga, ia dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.


2. Mengambil tanggung jawab.

Seseorang dapat mengambil tangung jawab dalam beberapa tingkatan yaitu:

Untuk tugasnya langsung.

Untuk tugas kelompoknya.

Untuk tugas yang belum dialokasikan kepada siapapun.

Empowered person mengambil tanggung jawab untuk semua level tersebut diatas, dan tanpa berpikir dua kali untuk melaksanakan tangung jawab tersebut.


3. Mengembangkan jaringan untuk memperoleh informasi dan pengaruh secara efektif.

Empowered Person tidak menunggu informasi datang ke mejanya, tetapi mencari melalui jaringan formal dan informal dalam organisasinya untuk mendapatkan informasi yang diperlukan berkaitan dengan tugas dan tangungjawabnya. Ia memperbolehkan informasi mengalir ke semua arah dari dan kepada bawahan, teman sekerja, dan Manajer.

Empowered Person juga membangun keterampilan untuk menyebarkan pengaruhnya sehingga ia dapat menjual ide-idenya dengan baik.


4. Membantu orang lain dalam timnya untuk memperoleh keterampilan yang diperlukan agar anggota tim dapat bekerja lebih efektif.

Membantu tim tidak hanya berbagi keterampilan dan informasi, tetapi termasuk juga membangun self esteem anggota team, menginspirasi tim dan memberikan kepercayaan apabila diperlukan. Membangun self esteem orang lain adalah hal penting dalam membangun team work.

Empowered Person, menggunakan cara menjawab pertanyaan yang dapat membangun keutuhan team, dan mendengar semua pendapat atau pemikiran anggota dengan baik untuk mendorong keberanian mereka. Jika seseorang mengalami masalah, ia tidak langsung mengambil alih. Dia cukup siap untuk memberikan bantuan jika diperlukan. Termasuk dalam pengertian mendukung tim adalah menginspirasi dan memberikan energi kepada mereka. Empowered Person juga secara tulus memberikan pujian dan pengakuan kepada orang lain.


5. Mendorong kreativitas personal dan tim.

Empowered Person tahu bagaimana memanfaatkan kreativitas diri dan timnya untuk membantu menyelesaikan permasalahan dan meningkatkan kualitas proses dan hasil pekerjaan. Mereka secara aktif mendorong orang untuk datang dengan idenya walaupun ide yang radikal atau tidak relevan. Empowered Person juga tidak pernah memberikan komentar yang mematahkan ide bawahan misalnya dengan mengucapkan: "tidak ada anggaran: atau "bukan prioritas".


6. Menemukan cara untuk membuat perbedaan.

Empowered Person membuat perbedaan pada efektivitas team atau organisasi melalui tanggung jawab pekerjaan yang diberikan kepadanya, melalui satuan tugas diluar tanggung jawabnya atau melalui personal qualities seperti kreativitas atau kemampuan untuk menginspirasi orang lain.


7. Siap untuk mengkritisi kebijakan.

Empowered Person mampu mempertanyakan dan mengemukakan pendapat tentang kebijakan yang telah diputuskan.


8. Terus menerus belajar

Empowered Person terus belajar baik secara formal maupun informal dalam pekerjaan dan aktivitas personal sepanjang hidupnya. (SG.-)


(Sumber : The Power of Empowerment by David Clutterbuck)

Tags : Leadership

Artikel Selanjutnya : Assessor Sebagai Elemen Penting Dalam Assessment Center

Artikel Sebelumnya


Komentar




List Komentar

DavidWodia

07/02/2017 22:25:46

MexGear Buy Anabolic Steroids Usa - Oral Steroids For Sale In Usa ! [url=http://1mexgear.org]More info>>>[/url]


DavidWodia

17/02/2017 05:07:17

Buy Anabolic Steroids Online [url=http://gear-university.org]Click here![/url]


DavidWodia

17/02/2017 20:06:09

Proeroids - Buy Anabolic Steroids Online [url=http://proeroids.com]More info!..[/url]


DavidWodia

18/02/2017 06:41:05

Buy Injectable Steroids - Injectable Steroids For Sale USA [url=http://muscledevelop.us]Show more!..[/url]


AlisaEsomi

29/04/2017 06:10:41

Absolutely NEW update of SEO/SMM software "XRumer 16.0 + XEvil 3.0": captcha breaking of Google, Facebook, Bing, Hotmail, SolveMedia, Yandex, and more than 8400 another subtypes of captcha, with highest precision (80..100%) and highest speed (100


MildredKat

01/06/2017 22:56:58

Revolutional update of SEO/SMM package "XRumer 16.0 + XEvil": captcha solving of Google, Facebook, Bing, Hotmail, SolveMedia, Yandex, and more than 8400 another subtypes of captchas, with highest precision (80..100%) and highest speed (100 img pe


KennethElods

16/06/2017 10:24:26

You definitely come across some interesting sites while browsing the web without any particular purpose. If you know what I mean;) You've heard about themeforest, but no doubt you've never ever heard of them trying their hand in adult themes. This pa


MaryaDriff

19/08/2017 05:35:48

http://salexrumer.site/ Absolutely NEW update of SEO/SMM package "XRumer 16.0 + XEvil": captchas regignizing of Google, Facebook, Bing, Hotmail, SolveMedia, Yandex, and more than 8400 another categories of captchas, with highest precision (80.


MaryaDriff

20/08/2017 05:45:18

http://xrumersale.site/ Absolutely NEW update of SEO/SMM package "XRumer 16.0 + XEvil": captcha breaking of Google, Facebook, Bing, Hotmail, SolveMedia, Yandex, and more than 8400 another subtypes of captchas, with highest precision (80..100%)


classoKa

05/10/2017 13:55:40

Lineage 2 Classic 2.5 zaken saviors l2 europa club utimb http://l2classica.com/ 1108252

Ada satu hal yang tetap lebih penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan melebihi metode-metode cemerlang, yakni kemauan keras untuk menemukan kebenaran, apapun itu

EVENTS


ARTICLE'S TAGS

Inovasi Partnership Training SDM Assessment Leadership Management