Inovasi & Tantangan MSDM

29/04/2014 22:41:45

"Innovation distinguishes between a leader and a follower" demikian diungkapkan oleh (alm) Steve Jobs untuk menegaskan bahwa yang menjadi pembeda antara mereka (perusahaan maupun individu) yang unggul dari yang lainnya adalah kemampuan dalam beradaptasi dan menciptakan inovasi. Prof. Teressa M. Amabile (Creativity & Innovation in Organization, 1996) mendefinisikan inovasi sebagai "A successful implementation of creative ideas within an organization", atau dengan kata lain inovasi adalah suatu kesuksesan dalam menerapkan ide-ide kreatif yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan.


Inovasi tercipta dalam interaksi antara organisasi dan manusia. Organisasi yang mendukung terciptanya inovasi adalah organisasi yang memiliki sistem pengelolaan pengetahuan (Knowledge Management System) yang efektif dan efisien sehingga setiap informasi dan pengetahuan dapat dikembangkan menjadi ide kreatif dan memberikan/menjadi solusi bagi perusahaan. Sedang dari aspek SDM, individu-individu yang dapat melahirkan inovasi adalah individu-individu yang memiliki kesadaran akan peran penting pengetahuan dalam meningkatkan proses bisnis (Knowledge worker). Individu-individu ini dapat lahir dari pemimpin-pemimpin yang memiliki visi inovatif (Innovation Leader).


Meskipun dinilai penting bagi kelanjutan perusahaan, proses inovasi bukanlah hal yang mudah. Sejumlah kendala lapangan seringkali menjadi penghambat terjadinya inovasi, antara lain ketidakmampuan membaca arah kebutuhan pasar, pengelolaan proyek yang kurang terampil, kecenderungan merahasiakan pengetahuan, dan bersikap negatif terhadap suatu yang baru (Same Hunter, et all, Shifting to a Strategy Innovation: The Key Role of Leadership in Consumer Packaged Goods. 2012). Mencermati kendala-kendala tersebut, tampak jelas bahwa faktor utama yang menghambat proses inovasi bukan pada keberadaan teknologi dan infrastruktur akan tetapi pada individu yang berada di dalam organisasi.


Maka, pengelola SDM sebagai fungsi yang memegang peran penting dalam pengelolaan talent menghadapi tantangan baru di era inovasi ini, yaitu bagaimana menghasilkan sistem komunikasi internal yang mampu membongkar sekat-sekat psikologis dalam berbagi informasi/pengetahuan antar karyawan, mengidentifikasi dan mengembangkan serta mempertahankan para innovative leader dan potential knowledge worker yang dimiliki perusahaan.


Sebagaimana dikatakan kembali oleh pakar inovasi (alm) Steve Jobs "Innovation has nothing to do with how many R & D dollars you have. ............. It's not about money. It's about the people you have, how you're led, and how much you get it".

Tags : Management, Leadership, Training, Inovasi

Artikel Selanjutnya : Strategi Mengelola Assessor

Artikel Sebelumnya


Komentar




Anda tidak belajar tentang diri anda melalui kesuksesan. Anda belajar melalui kegagalan dan kesalahan.

EVENTS


ARTICLE'S TAGS

Inovasi Partnership Training SDM Assessment Leadership Management