Customer Gathering Bina Potensia Indonesia

22/11/2011 11:09:33

Meningkatkan Peran Strategis SDM dalam Mengoptimalkan Talent Management


Berkembang sejak periode 2000-an, Talent Management menjadi sebuah pendekatan yang mulai dicermati oleh banyak praktisi SDM, baik di tingkat global maupun nasional. Dalam survei yang dilakukan oleh ASTD (The American Society of Training & Development, an Integrated Talent Management, 2011) tercatat sejumlah 80% perusahaan tergabung dalam survei tersebut menyatakan belum sepenuhnya yakin terhadap penerapan Talent Management yang tepat untuk bisnis perusahaannya. Tentu saja menjadi suatu hal yang menarik untuk mendalami bagaimana pandangan-pandangan praktisi SDM Indonesia terhadap perkembangan penerapan Talent Management di masing-masing organisasi.

Dalam Customer Gathering ke-3 Bina Potensia Indonesia, yang berlangsung 3 November 2011 di Hotel Aston Primera, Bandung, mengangkat judul "Meningkatkan Peran Strategis SDM Dalam Mengoptimalkan Nilai Talent Management", dengan menghadirkan pembicara tamu Bapak Djohan Nurjadi (General Manager HR & IT dari PT. Adaro Group Tbk), dan Bapak Galih Prahananto (Kepala Divisi SDM, PT. PP (Persero), Tbk) serta 36 peserta dari 25 perusahaan swasta dan BUMN nasional untuk saling berdiskusi dan berbagi pengetahuan/pengalaman mengenai implementasi Talent Management dan optimalisasi perkembangannya, khususnya di Indonesia.

Pada acara yang dikemas dalam serangkaian kegiatan presentasi, diskusi panel dan pembahasan, dirangkum sejumlah ide-ide sebagai berikut:

  • Talent Management adalah sebuah keharusan bisnis (business imperative), yang muncul sebagai desakan organisasi untuk mengoptimalkan nilai dalam proses bisnisnya (value proposition), dengan mengandalkan pembentukan dan pengembangan setiap talenta SDM di dalam perusahaan.
  • Oleh karena itu, pelaksanaan Talent Management dalam organisasi, harus memiliki tema dan dilakukan secara terintegrasi yang ditujukan pada upaya untuk mengidentifikasi talenta SDM, mengembangkan talenta SDM dan mempertahankan (kinerja) talenta SDM di dalam perusahaan.
  • Sasaran Talent Management tidak harus untuk kepentingan suksesi. Sasaran Talent Management dapat juga diarahkan untuk mengidentifikasi high potential employee yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Hal yang terpenting, perusahaan memiliki kejelasan mengenai pengertian talenta (talent) sesuai kepentingan bisnisnya.

Sejumlah pengalaman di lapangan, yang dapat dicermati untuk mengoptimalkan penerapan Talent Management, terkait peran penting fungsi SDM di perusahaan:

  • Pentingnya membangun komunikasi awal dengan top management perusahaan untuk mengidentifikasi mengapa talent dibutuhkan dan strategi untuk memunculkan talent tersebut.
  • Membangun pendekatan kompetensi, untuk mengintegrasikan kemampuan interpersonal dan teknikal individu, sebagai acuan yang objektif dan sistematis untuk pengembangan talent.
  • Membangun model pengembangan talent yang terintegrasi, meliputi rekrutment/seleksi talent & pemetaannya, pengembangan (learning institution & coaching model) talent, pengembangan pengetahuan perusahaan (knowledge transfer), sistem karir (dual ladder path) dan imbal jasa (performance based pay) talent, serta efisiensi / restrukturisasi organisasi.

Dengan memperhatikan nilai strategis serta kompleksitas operasional talent management, maka SDM juga perlu meningkatkan kapabilitasnya agar mampu menjadi portal informasi dan pengarah pengembangan talent SDM. Untuk itu, dibutuhkan sejumlah kemampuan yang berkaitan dengan penguasaan bisnis dengan tuntutan pengembangan SDM, fleksibilitas dalam menerapkan sistem dan prosedur SDM sesuai dengan perkembangan lingkungan operasional, serta kemampuan interpersonal dalam menjalin relasi dengan setiap lini perusahaan.



Bina Potensia Indonesia

Tags : Management

Artikel Selanjutnya : Good To Great Companies

Artikel Sebelumnya


Komentar




The ultimate measure of a man is not where he stands in moments of comfort, but where he stands at times of challenge and controversy.

EVENTS


ARTICLE'S TAGS

Inovasi Partnership Training SDM Assessment Leadership Management